Halaman

WELCOM TO MYBLOGSPOT ^_^

about me (tentang saya)

Sabtu, 22 September 2012

JURUS ALAMI TANGKAL FLU


Tenggorokan gatal, kepala berkunang-kunang dan tubuh lelah dan pegal-pegal merupakan beberapa tanda terserang virus influenza. Semua itu jelas rentan mengganggu sederet aktivitas harian Anda.
Tak perlu beristirahat di rumah terlalu lama atau terburu-buru berobat ke dokter. Terdapat beberapa cara mudah dan sederhana yang dpat Anda lakukan untuk mencegah dan mengobati serangan flu.
- Minum air putih atau jus. Menjaga tubuh tetap terhidrasi agar membuat tubuh terhindar kondisi kekurangan cairan yang rentan memicu lemas. 
"Jaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan mengkonsumsi air mineral, jus atau teh karena efektif menyurutkan tanda-tanda penyakit flu seperti tenggorokan gatal dan hidung mampet," ucap William Schaffner, MD, profesor dan kepala department of preventive medicine di Vanderbilt University School of Medicine. 
- Berkumur dengan air garam. Dengan berkumur menggunakan air garam beberapa kali maka juga dapat membantu mengeluarkan bakteri dan virus. Hal ini dapat Anda lakukan untuk mencegah serta mengobati flu dan batuk.
"Garam membantu mengeluarkan kelebihan air dalam jaringan tenggorokan, mengurangi peradangan, dan membersihkan lendir dan iritasi dari tenggorokan," ujar Philip Hagen, MD, kepala editor medis di Mayo Clinic Book of Home Remedies. 
- Jaga tubuh tetap bersih. Dr Schaffner mengatakanh bahwa menjaga kebersihan tubuh saat sakit adalah hal yang paling utama karena kuman dan bakteri adalah sumber penyakit. Saat Anda sakit maka bakteri dan kuman yang ada semakin banyak. 
Mandi membuat tubuh bersih sehingga Anda merasa lebih segar. Jangan lupa untuk mandi dengan air hangat untuk menghindari flu yang Anda derita menjadi semakin parah. Hindari pula mandi dengan air dingin atau mandi larut malam.
- Minum madu. "Konsumsi madu dua sendok secara langsung atau campur ke dalam teh manis hangat," ucap Harley Rotbart, MD, profesor and wakil kepala pediatrics and pediatric infectious diseases di University of Colorado School of Medicine. 
Ia juga mengatakan, konsumsi madu teratur setiap hari sangat efektif dalam menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa madu yang Anda konsumsi adalah madu asli.
- Santapan berkuah.Tetap konsumsi air mineral, jus atau teh dan sup saat makan siang. Banyak peneliti yang menyarankan untuk mengkonsumsi sup yang terdiri dari daging ayam dan sayur-sayuran karena dipercaya sebagai resep legendaris yang dapat menyembuhkan tanda-tanda flu dan masuk angin.
- Olahraga ringan. Jika Anda sanggup melakukan sedikit aktivitas, bangun dari tempat tidur dan lakukan jenis-jenis olahraga ringan karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Terkadang berdiam diri di tempat tidur seharian saat flu justru akan membuat tubuh Anda terasa semakin lemas dan tidak bertenaga.
 SUMBER:VIVAlife

Tidak ada komentar:

Posting Komentar